Dampak dan akibat jika Gunung Gede-Pangrango meletus

Dampak dan akibat jika Gunung Gede-Pangrango meletus
gunung gede pangrango

Gunung Gede merupakan sebuah gunung yang berada di Pulau JawaIndonesia. Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten BogorCianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 - 3.000 m. dpl, dan berada pada lintang 106°51' - 107°02' BT dan 64°1' - 65°1 LS. Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun. Gerbang utama menuju gunung ini adalah dari Cibodas dan Cipanas.

Sampai saat ini Gunung Gede-Pangrango masih berstatus aktif. Jadi kapan pun kita gak akan tahu kapan meletusnya, yang jelas kita harus waspada dan bersiap siaga.

 Sudah lama gunung gede ini belum meletus, jika gunung gede meletus sungguh menyeramkan dan menyebabkan dampak yang besar bagi di dekatnya maupun yang terkena aliran lava dan awan panas.

Ini prediksi beberapa dampak dan akibat bila gunung gede meletus : 

1. Cipanas akan mengalami kerusakan paling parah

Yang pertama adalah Kecamatan Cipanas akan merasakan kecamatan yang pertama di aliri lava panas. Karena apa ? Karena Cipanas sangat dekat jaraknya dengan gunung gede-pangrango hanya beberapa Kilometer saja. Oleh sebab itu, Cipanas akan mengalami dampak yang sangat parah bila gunung gede meletus.

2. Tak hanya cipanas Cianjur dan sekitarnya akan mengalami dampak yang serius

Tak hanya cipanas saja akan mengalami dampak nya akan tetapi kota Cianjur dan sekitarnya pasti akan mengalami dampak yang serius. 

3. Bogor dan sukabumi akan mengalami dampak letusan gunung gede-pangrango

Tak hanya kedua diatas akan mengalami hal serupa, ternyata bogor dan sukabumi pun akan mengalami dampak yang serius. Karena gunung gede ini berada di tiga kabupaten yaitu : Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. 

4. Ekonomi akan hancur

Ekonomi ketiga kabupaten tersebut akan hancur dan tak akan merata. Jadi sungguh disayangkan bila mana gunung gede ini meletus banyak kerugian yang akan di hadapi.

5. Korban letusan dipastikan tak akan terduga

Korban letusan gunung gede tak akan terduga oleh kita, bila mana letusan mendadak dan langsung meluncurkan lava panas bisa saja korban yang meninggal banyak. Tapi, setidaknya ada pemberitahuan dari pemerintah untuk selalu waspada.

6. Pulau jawa akan hujan abu vulkanik

Jika terjadi meletus pulau jawa akan hujan abu vulkanik bila mana angin meratakan asapnya kesetiap daerah. Akan tetapi kita juga tak akan memastikan hal tersebut karena tergantung arah anginnya.

Note : Kesemuanya tak ada yang tahu dengan hal yang dibahas diatas. Hanya sang maha penciptalah yang mengatur kesemuanya, kita hanya bisa merencanakan.


0 Response to "Dampak dan akibat jika Gunung Gede-Pangrango meletus "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel